Langsung ke konten utama

[Review] Hikmah-hikmah Kehidupan (Kahlil Gibran)

Penulis  : Kahlil Gibran
Penerjemah : Yusuf Priyasudiarja
Judul Asli : The Wisdom of Kahlil Gibran Aphorisme anda Maxims
Cetakan : Kesembilan, Juni 2002
Penerbit : Yayasan Bentang Budaya

Tentang Isi Buku ini :
Tulisan Gibran sudah dikenal luas seantero dunia. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke lebih 20 bahasa.  Citra rasanya yang eksotik dan mistis menjadi ciri khas tulisannya. Kahlil Gibran yang lahir di Beshari, Lebanon pada tahun 1883 dianggap sebagai penyair Arab perantauan terbesar.

Buku Hikmah-hikmah Kehidupan adalah kumpulan ungkapan Gibran dalam memandang segi-segi kehidupan manusia. Juga persoalan-persoalan yang menyangkut kehidupan manusia. Semua ia ungkap di sini. Dalam buku yang sudah beberapa kali cetak ulang ini.

Berikut kutipan dari beberapa isi buku Hikmah-hikmah Kehidupan:
- Cinta yang dibasuh oleh airmata, akan tetap indah dan suci selamanya.
- Uang receh yang engkau jatuhkan ke dalam tangan-tangan rapuh yang terulur dihadapannya adalah satu-satunya rantai emas yang mengingat hatimu yang mulia dengan hati Tuhan yang penuh cinta.
- Akal budi dan pengetahuan adalah laksana raga dan jiwa.
- Akal budi tanpa pengetahuan adalah laksana tanah yang tak diolah, atau laksana raga manusia yang kekurangan makanan.
- Keberanian adalah bagai gunung api. Benih yang lemah tidak bisa tumbuh di dalam kawahnya.
- Apabila pengetahuanmu tidak mengajarimu untuk mengatasi segala kelemahan dan penderitaan orang lain dan tidak menuntun sesama manusia ke jalan yang benar, engkau sungguh manusia yang tak berguna.
- Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan perpisahan yang menyedihkan dan yang mampu membuka pikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan.
- Cinta adalah satu-satunya bunga yang tumbuh dan mekar tanpa bantuan musim.
- Memiliki sedikit pengetahuan namun dipergunakan untuk berkarya jauh lebih berarti daripada memiliki pengetahuan luas namun mati tak berfungsi.
- Pemberian yang berasal dari rasa keadilan adalah lebih mulia daripada pemberian yang berasal dari belas kasihan.
- Manusia tidak menjadi mulia karena keturunan. Berapa banyakkah bangsawan yang merupakan keturunan para pembunuh?
- Kemuliaan bukanlah terletak pada kedudukan yang mulia. Kemuliaan adalah milik mereka yang menolak kedudukan.
- Sikap tidak takut terhadap rintangan dan kesukaran adalah lebih mulia daripada bergerak mundur mencari ketenangan.
- Uang adalah bagai alat musik dawai. Mereka yang tidak mengetahui bagaimana memainkannya dengan tepat hanya akan memperdengarkan alunan musik sumbang.

#onedayonepost
#januari2017
#harike-1
#kahlilgibran
#hikmahhikmahkehidupan





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] Mutiara Hitam Dari Papua

Judul buku: Mutiara Hitam Dari Papua Penulis       : Dewi DeAn dkk Penerbit     : Zukzez Express Cetakan      : Pertama tahun 2018 Tebal buku: 161 halaman ISBN            : 978-602-6594-66-2 Dokpri Mutiara Hitam Dari Papua merupakan buku yang berisi kumpulan cerita terkait dunia pendidikan. Nama lainnya Antologi Pendidikan. Buku antologi pendidikan ini hasil kerja keras para penulis di grup ODOP yang berhasil lolos dari tantangan tiga bulan menulis tanpa absen. Ada 14 cerita yang tersaji apik dalam buku ini. Tiap-tiap cerita memiliki kekuatan tersendiri. Sehingga pembaca bisa terpengaruh dan menganggukkan kepala tanda setuju. Dalam Merengkuh Bintang, kita dibawa ke dalam kisah tentang perjuangan seorang guru SD yang mengajar di kaki gunung batu. Bagaimana ia harus berhadapan dengan orang tua murid yang dengan seenaknya ingin menikahkan si anak, padahal sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir. Sekuat apapun si guru mempertahankan anak muridnya agar jan

[Review] Memulai Hidup Di Umur 40

Judul Buku : Memulai Hidup Di Umur 40 Diterjemahkan dari Life Behind at Forty Penulis        : Robert Peterson Penerjemah: Dieni Yuliana R.G Penerbit      : Nuansa Cendekia Cetakan       : Pertama, September 2003 Tebal Buku : 160 halaman Sinopsis: Buku ini menerangkan tentang keuntungan tambah umur. Bahwa melewati umur 40 tahun berarti memasuki situasi yang penuh gairah. Memang tambah umur menyebabkan berkurangnya kenikmatan tertentu. Tetapi alam memberikan kenikmatan lain sebagai gantinya. Banggalah dengan usia kita. Buku ini juga memberikan contoh beberapa tokoh dunia yang justru populer sesudah umur 40. Seperti Henry Ford, Pearl S. Buck, Winston Churchill dan masih banyak lagi. Pearl S. Buck baru pada usia 40 novel pertamanya terbit East Wind, West Wind. Beberapa bulan kemudian menerbitkan The Good Earth yang ternyata berhasil mendapatkan Nobel dan membuat karirnya menanjak hingga usia senja. Tak hanya tokoh populer, buku ini juga membahas tokoh-tokoh

{Review} Buku "Orang-Orang Proyek" Ahmad Tohari

Ahmad Tohari. Sastrawan asal Tinggarjaya, Banyumas ini salah satu penulis yang saya kagumi. Karya-karyanya "jujur" menuangkan apa yang ia rasakan terhadap kondisi sekitar. Tentu saja dikemas dalam bahasa sastra tingkat tinggi. Sehingga terasa halus meski sebenarnya menohok.  Salah satu karya Ahmad Tohari yang begitu saya sukai adalah Orang-orang proyek. Judul Buku     : Orang-Orang Proyek Penulis             : Ahmad Tohari Penerbit.          : PT Gramedia Pustaka                              Utama Cetakan          : Kedua, Tahun 2015 Tebal Buku.    : 256 Halaman Sinopsis : Buku ini berkisah tentang pergulatan batin seorang insinyur bernama Kabul. Ia sedang menangani sebuah proyek pembangunan jembatan di sebuah desa. Dalam pelaksanaan proyek tersebut rupanya banyak sekali "permainan" yang terjadi. Mulai dari tingkat bawah sampai atas. Semua itu menjadi beban psikologis yang berat untuknya. Apalagi orang-orang yang ia hadapi salah satunya adalah kawan semas